Rabu, 21 Oktober 2015

Kebersihan Lingkungan Sekolah

 Image result for kebersihan lingkungan 

 Perumusan Masalah 

Rumusan masalah yang terdapat dalam karya ilmiah ini adalah sebagai berikut :
  1. Apa pengertian kebersihan?
  2. Apa akibat tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah?
  3. Mengapa menjaga kebersihan lingkungan sekolah itu sangat penting?
  4. Bagaimana cara meningkatkan kesadaran siswa-siswi SMPN 3 Batam untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah?

Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah :
  1. Untuk menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan akibat yang ditimbulkan jika tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
  2. Untuk menimbulkan dan meningkatkan kesadaran siswa-siswi SMPN 17 Bandung agar dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah. 

Manfaat Penulisan 

Dengan adanya karya ilmiah ini diharapkan kesadaran siswa-siswi SMPN 17 meningkat dalam hal menjaga kebersihan lingkungan sekolah agar lingkungan sekolah lebih bersih, indah dan membuat siswa-siswi nyaman dalam menjalani proses belajar.

Pengertian Kebersihan

Kebersihan lingkungan adalah salah satu hal penting yang harus dijaga oleh siswa – siswi dan masyarakat di lingkungan sekolah.  Seperti yang kita ketahui bahwa kebersihan merupakan suatu keadaan yang bebas dari segala kotoran, debu, penyakit, dan lain lain, yang dapat merugikan segala aspek  yang menyangkut setiap kegiatan dan perilaku siswa-siswi di lingkungan tersebut. Kebersihan pun merupakan hal yang menunjang kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu kita sebagai warga sekolah harus menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih dan nyaman.

Dampak Jika Tidak Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Masih banyak siswa SMPN 17 Bandung yang belum peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Banyak siswa-siswi yang masih membuang sampah sembarangan walaupun  sudah disediakan tong sampah. Kebanyakan mereka   berfikir, jika membuang sampah sembarangan di sekolah tidak menimbulkan dampak yang begitu besar. Padahal banyak dampak yang dapat ditimbulkan jika suatu lingkungan tidak terjaga kebersihannya. Adapun dampak negatifnya antara lain :
  • Menimbulkan genangan air. Hal ini bisa saja terjadi di sekolah kita jika murid selalu membuang sampah sembarangan. Sampah yang bertumpuk di selokan dapat menyumbat jalannya air di selokan tersebut sehingga, saat hujan tiba, mungkin saja mengakibatkan genangan air yang dapat mengganggu kenyamanan kita
 Image result for genangan air
  • Debu lantai yang jarang dibersihkan dapat menyebabkan murid batuk hingga sesak nafas. Laci meja yang penuh dengan sampah pun dapat dijadikan nyamuk sebagai tempat bersarangnnya. Apalagi jika nyamuk tersebut adalah nyamuk Aedes Aegypty yang dapat menyebabkan seseorang mengidap penyakit demam berdarah
  • Sampah yang bertumpuk dapat menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga mengganggu konsentrasi para murid hingga guru dalam proses belajar-mengajar.
 Image result for sampah kelas

Pentingnya Menjaga Lingkungan Sekolah

Sekolah adalah tempat belajar, berlatih, dan menuntut ilmu pengetahuan sebagai bekal hidup kita di kemudian hari. Kita akan dapat belajar dengan tenang, baik dan bersemangat seandainya keadaan sekolah tersebut tertib dan bersih. Untuk menciptakan suasana demikian, tidak cukup dikerjakan oleh penjaga sekolah saja, tetapi harus dibantu oleh semua pihak yang berada di lingkungan itu, termasuk siswa-siswanya. Di kelas biasanya terpampang daftar piket, salah satu tugas mereka adalah membersihkan kelas, papan tulis serta menyapu halaman. Dengan demikian, para siswa mempunyai kewajiban untuk melaksanakan tugas itu dengan baik dan rutin serta penuh tanggung jawab karena pekerjaan itu sebagian dari iman dan termasuk ibadah.

Cara Meningkatkan Kesadaran Siswa-Siswi dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Didalam lingkungan sekolah, guru menjadi panutan semua murid. Jika  guru berbuat baik, maka murid pun akan berbuat baik juga. Tetapi jika guru  berbuat   tidak baik/jelek, maka mungkin bisa jadi murid pun bisa berbuat lebih jelek. Dalam upaya menyadarkan siswa akan kebersihan lingkungan   sekolah, para guru harus memberikan contoh yang baik, seperti dengan membuang sampah pada tempatnya dan memungut sampah yang   tergeletak. Guru juga dapat menegur siswa yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Selain itu, guru dapat memberi denda kepada pelaku sehingga mereka jera untuk mengulangi perbuatan mereka di kemudian hari.
Kesadaran murid dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan sekolah  berasal dari hati nuraninya masing-masing. Untuk menimbulkan kesadaran itu, dapat ditempuh dengan cara-cara berikut:
  • Membiasakan membuang sampah pada tempatnya.
  • Merasa malu jika membuang sampah sembarangan.
  • Melakukan piket kelas secara teratur.

 Image result for piket kelas
  • Melaksanakan gotong royong rutin.
Dengan melakukan hal-hal diatas, diharapkan nantinya akan menumbuhkan rasa sadar terhadap para siswa SMP Negeri 17 Bandung dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Kesimpulan
Dari pembahasan diatas, kesimpulan yang dapat diambil adalah kebersihan lingkungan sekolah harus dijaga bersama-sama agar terbentuknya suasana aman dan nyaman dalam proses belajar mengajar. Para guru dapat memberikan contoh kepada siswa-siswinya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya dan juga sesekali memberi pengarahan dan teguran pada siswa yang terlihat ataupun sering membuang sampah sembarangan.
 Saran
Agar terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat maka diperlukan kerja sama dari berbagai pihak, contohnya sebagai berikut: 
  • Menjaga kebersihan sekolah dengan membuang sampah pada tempatnya
  • Selalu bergotong royong
  • Menjalankan piket kelas dengan rasa tanggung jawab
  • Mematuhi tata tertib sekolah

3 komentar:

  1. artikel ini sangat bagus sekali. semoga makin banyak orang yang membacanya dan mengambil manfaat dari artikel ini. sehingga banyak orang yang tersadar akan arti pentinggnya kebersihan lingkungan untuuk kesehatan kita. Kami meenjual tempat sampah fiber berbagai jenis untuk membantu menjaga kebersihan lingkungan anda,kunjungi kami di:
    Tempat Sampah Fiber

    BalasHapus
  2. Artikel ini sangat bermanfaat dan dapat memberikan kesadaran, penting nya kebersihan lingkungan

    BalasHapus
  3. Artikel yang bagus... tapi jika ingin copas, tolong diberikan sumbernya ya. Dan lebih baik laporan yang kamu buat bersifat original atau dibuat sendiri karna ini bersifat plagiarisme. tetap semangat^^

    BalasHapus